Monday, September 22, 2014

PERKEMBANGAN SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Sistem adalah kesatuan bagian - bagian yang saling berhubungan satu sama lain yang berada dalam suatu ruang lingkup yang sama serta memiliki komponen - komponen penggerak. Sedangkan,  sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengatur kegiatan perekonomian dalam pengalokasian sumber daya yang dimiliki oleh negara kepada seluruh rakyatnnya baik secara individu maupun organisasi disebut dengan sistem perekonomian. Sistem perekonomian secara umum yang ada di dunia dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu sistem perekonomian tradisional, sistem perekonomian komando, sistem perekonomian pasar, dan sistem perekonomian campuran.

Sistem perekonomi tradisional merupakan sistem perekonomi yang diterapkan oleh masyarakat pada zaman dahulu. Dalam sistem perekonomian ini, nilai - nilai sosial, kebudayaan, dan kebiasaan masyarakat setempat memiliki pengaruh yang sangt kuat. Aturan - aturan yang berlaku pada sistem perekonomian tradisional  ini ialah aturan tradisi, kebiasaan, dan adat istiadat masyarakat setempat. Kemudian, kehidupan masyarakatnya pun masih tergolong sangat sederhana, rasa kekeluargaan dan gotong royong sangat terasa di kalangan masyarakat ini. Teknologi yang digunakan dalam memproduksi juga masih sangat rendah, sehingga dalam memproduksi barang kebutuhan, biasanya mereka hanya memproduksi untuk keperluan diri sendiri saja. Sistem perekonomi tradisional ini sangat sederhana sehingga tidak lagi bisa menjawab permasalahan ekonomi yang semakin berkembang luas sejalan dengan semakin bertambahnya kebutuhan hidup manusia.
Sistem perekonomian komando sering juga disebut sebagai sistem perekonomian sosialis atau terpusat. Tokoh yang memopulerkan sistem ekonomi komando ini adalah Karl Marx. Ia adalah seorang ahli filsafat yang berkebangsaan Jerman. Sistem ekonomi komando banyak dipakai oleh negara - negara di Eropa Timur dan Cina. Sistem perekonomian komando merupakan sistem ekonomi yang menghendaki pengaturan perekonomian dilakukan oleh pemerintah secara terpusat atau keseluruhan. Semua kegiatan ekonomi diatur dan direncanakan oleh pemerintah. Pihak swasta tidak memiliki kewenangan sedikit pun dalam kegiatan perekonomian. Semua permasalahan perekonomian yang meliputi pembahasan dari pertanyaan apa barang yang akan diproduksi?, siapa yang akan memproduksi?, dan untuk siapa barang – barang yang sudah di produksi?, semuanya dipecahkan melalui perencanaan pemerintah pusat sehingga semua alat produksi dikuasai oleh pemerintah. Oleh karena itu, dalam sistem perekonomian komando ini peranan pemerintah dalam berbagai kegiatan ekonomi sangat dominan dan sangat mengikat.

Sistem perekonomian pasar sering juga disebut sistem perekonomian liberal. Tokoh yang memopulerkan sistem perekonomian pasar adalah Adam Smith. Sistem perekonomian ini banyak dipakai oleh negara - negara di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Sistem perekonomian pasar merupakan sistem ekonomi yang menghendaki pengolahan dan pemanfaatan sumber daya di dalam perekonomian yang dilakukan oleh individu dan organisasi terbebas dari campur tangan pemerintah. Semua berjalan sesuai dengan mekanisme pasar, setiap individu bebas untuk memilih faktor produksinya sendiri. Kemudian, modal dalam sistem perekonomian pasar memiliki peranan yang sangat penting bagi setiap individu untuk menguasai sumber - sumber ekonomi  sehingga dapat menciptakan efisiensi dan efektivitas. Jadi, pada sistem perekonomian pasar ini peranan pemerintah sangat kecil sekali dan sangat bertolak belakang dengan sifat yang dimiliki oleh sistem perekonomian komando.

Sistem perekonomian campuran merupakan sistem ekonomi yang lahir sebagai alternatif dari sistem perekonomian komando dan sistem perekonomian pasar. Sistem perekonomian campuran ini mengambil dan menggabungkan kelebihan - kelebihan dari sistem perekonomian komando dan sistem perekonomian pasar, yang meliputi hak milik individu tetap diakui, setiap individu bebas untuk berusaha sehingga dapat mengembangkan kreatifitasnya sesuai dengan kemampuannya, kepentingan umum lebih diutamakan, dan hanya faktor - faktor yang menguasai hajat hidup orang banyaklah yang menjadi kewenangan pemerintah. Dalam sistem perekonomian ini, persoalan organisasi ekonomi sebagian dipecahkan melalui mekanisme pasar dan sebagian lagi dipecahkan melalui perencanaan pemerintah pusat.

Jenis – jenis sistem perekonomian yang ada di dunia memang sangat bervariasi dan beragam, serta memiliki keunggulan dan kelemahan masing – masing. Indonesia sendiri tercatat pernah menggunakan beberapa sistem perekonomian tersebut dalam sejarah perkembangan perekonomiannya, sebelum kemudian beralih menggunakan sistem perekonomian yang berbasis nilai – nilai pancasila.

Berbicara tentang perkembangan sistem perekonomian Indonesia, tentunya kita akan mengingat kembali peristiwa terjadinya krisis ekonomi yang cukup mengkhawatirkan semenjak terjadinya gerakan reformasi yang menentang kepemimpinan Soeharto. Pada waktu itu, nilai kurs rupiah sangat rendah terhadap dolar Amerika, namun saat ini nilai kurs rupiah terhadap dolar terus mengalami peningkatan dan membuat mata uang rupiah tidak begitu bernilai dalam perdagangan internasional.

Keadaan perekonomian negara - negara berkembang termasuk negara Indonesia saat ini tidak lepas dari pengaruh hal – hal seperti sistem perekonomian dan pola pembangunan ekonomi yang diterapkan, pembangunan infrastuktur fisik dan sosial, dan tingkat pembangunan yang telah dicapai pada masa penjajahan. Indonesia sebagai negara yang pernah dijajah oleh empat negara, yaitu Portugis, Inggris, Belanda, dan Jepang pasti secara langsung atau tidak langsung mendapat pengaruh dari negara - negara tersebut. Tetapi faktor yang sangat menentukan keberhasilan ekonomi bukanlah warisan dari negara – negara penjajah, melainkan tergantung kepada rezim pemerintahan yang berkuasa dan kebijakan serta sistem ekonomi yang diterapkan oleh negara tersebut.

Diawal kemerdekaannya, Indonesia pernah mengalami inflasi yang sangat tinggi, pemblokadean ekonomi yang dilakukan oleh Belanda, kas negara yang kosong, dan eksploitasi besar – besaran yang dilakukan oleh bangsa barat sewaktu penjajahan. Untuk mengatasi krisis finansial yang sangat parah tersebut, Indonesia pernah beberapa kali berganti sistem perekonomian, diantaranya adalah sistem perekonomian liberal, sistem perekonomian etatisme atau sosialis, sistem perekonomian campuran, dan yang terakhir adalah sistem perekonomian pancasila yang masih digunakan sampai saat ini.

Sistem perekonomian liberal merupakan sistem perekonomian pertama yang dipakai oleh bangsa Indonesia setelah memperoleh kemerdekaan, dan berlaku pada kurun waktu tahun 1950 hingga tahun 1957. Sistem perekonomian ini dipakai oleh bangsa Indonesia dalam kurun waktu yang cukup singkat karena dinilai tidak mampu memperbaiki masalah finansial yang dihadapi oleh bangsa Indonesia sewaktu dijajah oleh bangsa Belanda dan Jepang.

Indonesia menganut sistem perekonomian etatisme atau yang sering disebut sistem perekonomian sosialis ini berawal dari dekrit presiden yang dikeluarkan oleh presiden Soekarno pada tanggal 5 Juli 1959. Selain itu kegagalan sistem perekonomian liberal juga menjadi salah satu pertimbangan bagi bangsa Indonesia untuk beralih ke sistem perekonomian etatisme. Namun seperti sistem perekonomian liberal, sistem perekonomian etatisme ini juga dinilai tidak mampu memperbaiki masalah finansial yang dialami oleh bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan karena adanya hambatan bagi pengusaha pribumi untuk mengambil alih perusahaan yang telah ditinggalkan oleh kaum penjajah, sehingga sistem perekonomian ini tidak berjalan dengan maksimal dan penggunaannya pun dihentikan.

Sistem perekonomian campuran mulai dipakai oleh bangsa Indonesia pada tahun 1967. Sistem perekonomian ini dinilai cukup mampu untuk mengendalikan  tingkat inflasi atau kenaikan drastis harga barang – barang secara umum yang berlangsung secara terus – menerus. Sistem perekonomian campuran ini dipakai oleh bangsa Indonesia dalam kurun waktu yang cukup lama yaitu sampai tahun 1998, karena dianggap cocok dengan tatanan kehidupan masyarakat indonesia, sehingga dianggap sebagai awal mula terbentuknya sistem perekonomian yang memiliki dasar nilai - nilai pancasila.

Sistem perekonomian pancasila merupakan pengembangan dari sistem perekonomian campuran, mengingat sistem perekonomian campuran dianggap sebagai bibit awal terbentuknya sistem perekonomian pancasila. Sistem perekonomian ini dipakai sejak berakhirnya sistem perekonomian campuran pada tahin 1998 hingga sekarang. Alasan adanya pergantian ke sistem perekonomian pancasila adalah karena adanya krisis finansial yang diakibatkan oleh adanya permasalahan ekonomi global pada saat itu, hal ini tentu membawa dampak yang negatif bagi bangsa indonesia di sektor ekonomi mengingat Indonesia masih dalam taraf  kategori negara yang sedang berkembang dan kestabilan ekonominya masih sangat mudah goyah. Disini sistem perekonomian pancasila cukup mampu untuk menstabilkan perekonomian bangsa Indonesia.

Sistem perekonomian Indonesia sudah mengalami pergantian beberapa kali untuk menemukan kecocokan dalam penggunaannya. Dalam memahami sistem perekonomian yang cocok diterapkan di Indonesia paling tidak secara konstitutional, perlu dipahami terlebih dahulu ideologi apa yang dianut oleh bangsa Indonesia. Pasal 33 Undang – Undang Dasar 1945 dianggap sebagai pasal terpenting yang mengatur langsung sistem perekonomian di Indonesia, yakni prinsip demokrasi ekonomi. Secara rinci pasal tersebut menetapkan 3 hal, yakni perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan, cabang - cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara, bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar - besarnya untuk kemakmuran rakyat. Berdasarnya pasal tersebut, sudah sangat jelas terlihat bahwa sistem perekonomian yang cocok untuk bangsa Indonesia adalah sistem perekonomian pancasila karena menerapkan prinsip – prinsip demokrasi di dalamnya.

Namun dalam praktiknya, kegiatan monopoli masih banyak dilakukan oleh oknum pemilik modal dan terkadang pemerintah tidak mampu untuk mengendalikannya. Perusahaan – perusahaan asing bahkan merajai perindustrian di Indonesia. Mungkin dilihat secara kasat hal tersebut terlihat baik, karena semakin banyak mengusaha asing menanamkan modalnya di Indonesia maka akan semakin banyak pula menyerap tenaga kerja di Indonesia. Mungkin itu akan menjawab permasalahan pengangguran yang ada di Indonesia, namun tidak untuk menjawab masalah peningkatan kesejahteraan. Pemerintah cenderung diam, bahkan sepertinya lebih memihak kepada para pengusa asing  karena dalam hal penetapan UMR, serta kebijakan – kebijakan mengenai ketenagakerjaan membuat para buruh pekerja masih sangat jauh dari kondisi sejahtera. Sehingga dapat dikatakan bahwa sistem perekonomian pancasila yang berbasis nilai – nilai demokrasi serta mengutamakan kesejahteraan rakyat belum sepenuhnya terlaksana dengan baik.

Saat ini, pemerintah Indonesia masih sering tunduk pada negara – negara yang menanamkan modal di Indonesia bahkan sampai tidak mampu memperjuangkan kesejahteraan ribuan bahkan jutaan buruh yang bekerja pada perusahaan – perusahaan asing yang ada di Indonesia, padahal perusahaan asing tersebut sangat bergantung pada sumber daya alam yang ada di Indonesia. Hal itu mencerminkan bahwa dalam bidang ekonomi, Indonesia masih terjerat dalam belenggu negara – negara adi kuasa seperti Amerika Serikat, Inggris, dan negara – negara maju lainnya.

Sumber daya alam melimpah yang dimiliki oleh Indonesia tidak mampu dikelola dengan baik oleh pihak internal indonesia dikarenakan keterbatasan modal yang dimiliki, sehingga banyak sumber daya alam Indonesia yang akhirnya dimanfaatkan oleh para pemilik modal asing. Inilah sebenarnya peran sistem perekonomian Indonesia yang seharusnya mengatur kegitan perekonomian baik yang berhubungan dengan dalam negeri maupun luar negeri agar berjalan dengan lancar dan tidak merugikan bangsa Indonesia.

1 comment:

  1. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

    ReplyDelete

Badminton Atlet

Loading...

Music

Loading...