Monday, September 22, 2014

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)



Maju atau mundurnya suatu organisasi atau perusahaan sangat bergantung pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan tersebut, serta sistem manajerial yang mengatur sumber daya manusia tersebut. Sumber daya manusia (SDM) Merupakan salah satu faktor kunci dalam reformasi ekonomi, yakni untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan dan berdaya saing tinggi dalam persaingan global yang sangat kompetitif. Kondisi ekonomi di abad 21, ditandai dengan globalisasi ekonomi, merupakan suatu proses kegiatan perekonomian dan perdagangan ketika negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan yang terintegrasi dan tanpa batas teritorial negara.
Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional.  Tidak peduli apakah perusahaan tersebut merupakan sebuah perusahaan besar yang memiliki 1000 karyawan atau organisasi nirlaba kecil yang hanya memiliki 10 karyawan, tetapi tetap saja karyawan-karyawan tersebut harus dibayar sesuai dengan pekerjaan yang telah mereka lakukan, yang berarti dibutuhkan sebuah sistem kompensasi yang baik dan sah. 

Setiap aktivitas manajemen sumber daya alam membutuhkan pemikiran dan pemahaman tentang apa yang akan berhasil dengan baik dan apa yang tidak akan berhasil.  Dalam sebuah lingkungan dimana tantangan angkatan kerja akan terus selalu berubah, hukum berubah, dan kebutuhan-kebutuhan dari pemberi kerja juga ikut berubah, maka manajemen sumber daya manusia harus terus berubah dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi dari pada sebelumnya.

Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

Departemen sumber daya manusia memiliki peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut :

1.      Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja (Preparation and selection)
a.    Persiapan
Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul.

b.    Rekrutmen tenaga kerja (Recruitment)
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia suatu oraganisasi atau perusahaan.

c.    Seleksi tenaga kerja (Selection)
Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses yang dilakukan organisasi atau perusahaan untuk menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada.

2.      Pengembangan dan evaluasi karyawan (Development and evaluation).
Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada.

3.      Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai (Compensation and protection)
Kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi yang tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi perkerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sangat sering melihat kasus-kasus yang berkaitan dengan manajerial sumber daya manusia yang terjadi di Indonesia ini. Berikut ini beberapa contoh kasus yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia yang sering terjadi, antara lain :
·         Kasus pemogokan karyawan-karyawan perusahaan dikarenakan permintaan kenaikan gaji.
·         Kasus pemogokan para buruh meminta kenaikan UMR.
·         Kasus penggunaan tenaga kerja anak-anak dibawah umur.
·         Kasus penganiayaan tenaga kerja.
·         Kasus penipuan berkas riwayat pendidikan karyawan demi mendapatkan pekerjaan
·         Dan masih banyak yang lainnya.

No comments:

Post a Comment

Badminton Atlet

Loading...

Music

Loading...