Thursday, May 23, 2013

Indonesia Tentang Piala Sudirman 2013


Celengan Info kali ini hadir dengan ulasan turnamen bulutangkis beregu campuran dunia, ya benar Sudirman Cup 2013. Pada seri ke 13 yang jatuh pada tahun 2013 ini Sudirman Cup digelar di Malaysia pada tanggal 19 - 26 Mei 2013.

Indonesia yang datang sebagai unggulan ke 7 ini menempati grup 1-A bersama India dan juara bertahan China. Dengan bermaterikan 80% pemain muda, Indonesia tak gentar hadapi siapa pun. Berikut ini skuad pemain Indonesia di Sudirman Cup 2013 :
*Tommy Sugiarto
*Dionisius Hayom Rumbaka
*Lindaweni Fanetri
*Aprilia Yuswandari
*Bellatrix Manuputy
*Ryan Agung Saputro
*Angga Pratama
*Hendra Setiawan
*Mohammad Ahsan
*Fran Kurniawan
*Tantowi Ahmad
*Liliyana Natsir
*Muhammad Rijal
*Debby Susanto
*Greysia Polii
*Nitya Krishinda Maheswari Korwa
*Gebby Ristiyani Imawan
*Tiara Rosalia Nuraidah

Pada Fase penyisihan pertama Indonesia terlebih dahulu menghadi India pada 20 Mei 2013. Namun sepertinya Indonesia tak terlalu menemukan halangan sulit untuk mengandaskan india dengan skor 4-1, Indonesia hanya kecolongan poin di Tunggal Putra saja. berikut ini hasil lengkapnya :

LEVEL 1 GROUP A : INDONESIA vs INDIA || 4 - 1
- Angga Pratama/Ryan Agung Saputra vs Akshay Dewalkar/Jerry Chopra Pranaav
21-13 21-10

- Lindaweni Fanetri vs Sindhu Pusarla Venkata
21-15 21-10

- Dionysius Hayom Rumbaka vs Kashyap Parupalli
18-21 14-21

- Greysia Poii/Nitya Krishinda Maheswari vs Ashwini Ponnappa/Pradnya Gadre
21-19 22-20

- Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Arun Vishnu/Aparna Balan
21-13 21-14 

Dengan hasil pertandingan itu sebenarnya Indonesia sudah mengantongi tiket untuk ke perempat final sudirman cup 2013 dan sekaligus memupuskan harapan India untuk melaju ke perempat final dikarenakan sebelum menghadapi Indonesia, India sudah terlebih dahulu kalah oleh China 5-0. Absennya Saina Nehwal di piala sudirman kali ini karena Cidera benar-benar membuat pukulan bagi pihak India dan tunggal putri India hanya diwakili 1 orang saja yaitu P.V. Shindu.

Meskipun Indonesia sudah dipastikan lolos ke putaran perempat final Sudirman Cup, tapi Indonesia tetap harus melakoni laga pertandingan melawan China untuk menentukan juara dan runner up grup. Saat melawan China Tontowi/Liliyana sengaja tidak diturunkan untuk dipersiapkan di putaran perempat final dan Indonesia diwakili oleh Rijal/Debby, di sektor ganda ada ramuan baru yaitu Hendra/Angga di ganda putra dan Nitya/Greysia di ganda putri, Aprilia diturunkan di WS, dan Tommy turun untuk menjadi algojo di tunggal putra. Meski Ganda putra dadakan Hendra/Angga serta Aprilia dapat memaksakan rubber game kepada lawan-lawannya Cai/Fu dan Li Xuerui namun Indonesia tetap harus mengakui ketangguhan tim China dengan menelan kekalahan 0-5. Beriku hasil lengkapnya :

LEVEL 1 - GROUP A : INDONESIA vs CHINA || 0 - 5
- Angga Pratama/Hendra Setiawan vs Cai Yun/Fu Haifeng
21-16 15-21 15-21

- Aprilia Yuswandari vs Li Xuerui
21-13 4-21 11-21

- Tommy Sugiarto vs Chen Long
17-21 11-21

- Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari vs Yu Yang/Wang Xiaoli
10-21 13-21

- Muhammad Rijal/Debby Susano vs Xu Chen/Ma Jin
13-21 7-21

Pada undian babak perempat final na'as nasib kurang baik harus dialami Indonesia kembali dengan menerima undian harus menghadapi juara bertahan China lagi di perempat final. Meskipun begitu semangat pantang mundur pantang menyerah ditunjukan oleh seluruh tim Indonesia, dan tetap fight saat melawan China, tak peduli nantinya meraka bakal kalah atau menang tapi bagi mereka yang terpenting adalah usaha, semangat, dan pantang menyerah. Dan terbukti tim Indonesia dapat memimpin peroleh poin terlebih dahulu 1-0 melalui ganda campuran Tontowi/Liliyana yang dapat menekuk pasangan China Xu Chen/Ma Jin rubber game dengan skor 21-18 14-21 21-1. Namun itu tak berlangsung lama, China langsung menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tunggal putranya Chen long yang mengalahkan harapan Indonesia Tommy Sugiarto dua game langsung 21-11 21-15. Pada partai ketiga yaitu partai ganda putra yang sangat menjadi andalan China untuk meraup poin, diturunkan ganda putra juara olimpiade 2012 Cai yun/Fu Haifeng yang akan mengahadapi algojo muda Indonesia Angga pratama/Ryan Agung namun tak disangka-sangga ganda muda Indonesia Angga/ryan ini tampil sangat cemerlang dan sangat mengejutkan banyak pihak, maklum ganda muda ini kan penuh dengan kontroversial *wow. Angga/Ryan akhirnya mematahkan harapan China untuk mendulang poin dengan mengalahkan Cai/Fu rubber game 19-21 21-18 21-15 dan membawa Indonesia Unggul 2-1 atas China. Indonesia telah diambang kemenangan, alih-alih ingin mengandaskan China 3-1 Indonesia menurunkan Lindaweni untuk mengahadapi Li Xuerui, namun gagal Lindaweni mau tidak mau harus mengakui keunggulan Li Xuerui 16-21 13-21dan membuat skor sama 2-2. Dipartai penentuan, Indonesia menurunkan ganda putri Liliyana/Nitya yang akan menghadapi Wang xioli/Yu Yang yang akhirnya menjadi partai pamungkas untuk kemenangan China 12-21 19-21. Pada akhirnya tim Indonesia yang dimanejeri oleh Rexi Mainaky ini takluk 2-3 oleh China dan untuk pertama kalinya dalam sejarah 13 kali seri diadakannya Sudirman Cup baru kali ini indonesia tak lolos semi final.

Mungkin ini akan terukir sebagai sejarah buruk, namun di Sudirman Cup 2013 ini Indonesia sudah menunjukan tajinya kembali dengan kalah secara "terhormat" dengan bermaterikan 80% pemain muda Indonesia dapat mempersulit langkah China. Tontowi/Liliyana bisa mempertegas statusnya sebagai leader yang baik untuk juniornya, Angga/Ryan yang sebagai pemain muda dapat menjegal pemain senior sekaligus pemegang mendali emas Olimpiade 2012 dengan kecerdikan dan semangatnya, serta seluruh anggota tim sudirman cup yang telah bekerja keras sangat patut diacungi jempol

Momen-momen Sudirman Cup 2013!






















Semoga ini benar-benar jadi pelajaran berharga buat tim Indonesia untuk kejuaraan yang akan datang.

No comments:

Post a Comment

Badminton Atlet

Loading...

Music

Loading...