Friday, January 4, 2013

Contoh Pidato Bahasa Indonesia


 Sobat Bloger, kali ini Celengan-Info akan memberikan contoh teks pidato Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Silahkan disimak.
EFEK NEGATIF SITUS JEJARING SOSIAL BAGI PELAJAR



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kia semua.

Yang Terhormat Bapak Kepala SMA Negeri 3 Metro
Yang Terhormat Bapak/Ibu Guru
Serta teman-teman yang saya sayangi.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmad serta hidayah-Nya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat serta salam tak lupa juga kita sanjungkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, semoga kita mendapatkan safaatnya di yaumul kiamat nanti, amin ya robbal alamin.

Para hadirin yang berbahagia pada pagi hari ini saya akan berpidato tentang “Efek Negatif Situs Jejaring Sosial bagi Pelajar”. Sekarang ini ditelinga kita sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata Facebook, Twitter, skype, Nimbuzz, dan masih banyak lagi situs jejaring social lainnya, yang merupakan situs jejaring sosial terpopuler dikalangan pelajar saat ini.

Kita sudah setiap hari berbagi cerita atau sering disebut “Update Status” lewat bergai macam situs jejaring sosial. Kebanyakan dari kita sudah memiliki akun email, dan rata-rata juga sudah memiliki akun Facebook, Twitter, atau sejenisnya. Bahkan, mungkin seorang pelajar memiliki akun dibanyak situs jejaring sosial.

Para pelajar SD, SMP, dan SMA berlomba-lomba membuat akun di situs jejaring sosial seperti situs Facebook dan Twitter yang saat ini masih menjadi primadona dikalangan pelajar penggila jejaring sosial, bahkan menurut mereka jika tidak memiliki akun di situs jejaring sosial berarti ketinggalan jaman.

Dunia sudah maju begitu cepat dengan teknologi, dan manusia sudah sangat cerdas untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Begitu pula dengan berbagai macam situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan sejenisnya yang merupakan fasilitas didunia maya yang sangat digemari oleh para penggunanya. Dengan situs jejaring sosial tersebut kita bisa berbagi cerita, suasana hati, bertemu teman lama, mendapat teman baru, mengobrol, dan satu lagi yang menjadi alasan terkuat para penggunanya adalah agar bisa eksis di dunia maya. Kita juga bisa memanfaatkan situs jejaring sosial tersebut untuk berbisnis secara online, contohnya menjadi penjual online, atau yang lainnya.

Akan tetapi, yang akan saya tekankan disini adalah bagaimana efek negatif dari situs jejaring sosial bagi para pelajar. Seperti yang saya jelaskan tadi, situs jejaring sosial juga memiliki manfaat, akan tetapi jika kita tidak dapat menggunakannya secara tepat dan benar, maka bukan manfaat yang akan kita dapat melainkan kerugian dan efek negatif yang akan kita dapatkan.
Banyak masalah yang ditimbulkan jejaring sosial di kehidupan nyata, dampak negatifnya pun sangat berpengaruh pada dunia pendidikan. Motivasi pelajar kini menurun, prestasi belajarpun menurun, dan minat siswa untuk mengikuti pelajaran juga mulai mengalami penurunan. Berkurangnya waktu belajar juga merupakan dampak negatif dari situs jejaring sosial.

Dampak negatif dari situs jejaring sosial tersebut diantaranya, pelajar menjadi lebih malas. Ini efek negatif yang paling sering ditemukan pada pelajar. Mereka menjadi malas untuk belajar dan beribadah, karena terlalu asyik dengan teman barunya di jejaring sosial. Hingga pada akhirnya meninggalkan kewajiban-kewajiban yang seharusnya dikerjakan.

Berkurangnya sosialisasi dengan lingkungan juga merupakan dampak negative jejaring sosial, hal ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial pelajar. Mereka yang seharusnya belajar bersosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya bersama teman teman
di komunitas jejaring sosialnya, yang rata-rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan interaksi siswa menurun.

Situs jejaring sosial juga membuat pelajar menghamburkan uang. Akses internet untuk membuka situs jejaring sosial jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan siswa. Tidak jarang siswa menggunakan uang untuk keperluan sekolah mereka untuk membeli pulsa sekedar untuk membuka situs jejaring sosial saja. Ini dapat dikategorikan sebagai pemborosan, karena menggunakan uang secara tidak produktif.

Penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan juga berdampak berkurangnya waktu belajar siswa. Hal ini sudah jelas, karena dengan mengakses internet dan membuka situs jejaring sosial siswa akan lupa waktu, sehingga yang dikerjakannya hanyalah itu-itu saja. Akibatnya siswa menjadi tidak terlalu mementingkan belajar dan malah asyik dengan akun sosial medianya saja, tanpa peduli dengan kegiatan belajar.

Satu lagi yang tak kalah pentingnya, situs jejaring soial juga dapat merusak tata bahasa. Situs jejaring sosial tidak memiliki aturan baku yang berlaku bagi pelajar dalam melakukan interaksi dengan temannya disitus jejaring sosial. Tidak ada tata bahasa baku untuk digunakan pada situs jejaring sosial, ini membuat mereka berkomunikasi sesuka mereka sendiri dengan bahasa mereka sendiri tanpa peduli dengan tata bahasa yang baik dalam berkomunikasi. Hal ini perlahan tapi pasti membunuh kemampuan komunikasi yang baik dan benar seperti yang dilakukannya dalam berinteraksi didunia nyata selain itu juga membunuh keterampilan menulis mereka yang sesuai dengan ejaan yang baku dan benar di sekolah.

Menurut pengamat sosial media dan teknologi informasi Nukman Luthfie, selain harus waspada, orang tua juga harus mempelajari secara mendalam media sosial ini demi masa depan anak-anak. Berdasar penelusurannya, ditemukan fakta bahwa dari 17,6 juta pemilik akun jejaring sosial facebook berasal dari Indonesia, dan 360.000 orang di antaranya berumur 13 tahun. Fakta itu sungguh sangat mengejutkan betapa suburnya pertumbuhan pengguna sosial media di Indonesia saa ini apalagi dikalangan pelajar.

Akankah kita terus terlena dengan adanya situs jejaring soaial saat ini dan membuat kita sebagai pelajar menjadi malas untuk belajar dan menuntut ilmu? Semoga saja tidak, kita harus berubah mulai saat ini. Mulailah untuk mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat dan mebuang-buang waktu seperti menggunakan situs jejarig sosial yang berlebihan.

Harusnya, sebagai generasi penerus bangsa ini, kita lebih serius dalam belajar dan menuntut ilmu karena ilmulah yang akan bermanfaat dikemudian hari untuk menuju kesuksesan. Sedangkan melakukan hal-hal yang kurang penting untuk masa depan kita hanya akan membuang-buang waktu, tenaga, dan pikiran kita, yang seharusnya kita manfaatkan untuk belajar dan menuntut ilmu. Marilah kita semua isi sisa hidup kita ini dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat agar kelak bisa menjadi bekal hidup kita dikemudian hari. Hidup ini akan bermanfaat bila kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik, dan berhentilah mensia-siakan waktu karena waktu akan terus berjalan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata atau menyinggung perasaan, saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Saya akhiri Wabillahitaufik Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment

Badminton Atlet

Loading...

Music

Loading...