Tuesday, November 29, 2011

Contoh Pidato


Perusakan Hutan


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kelapa SMA Negeri 3 Metro beserta Wakilnya
Yang terhormat Bapak / Ibu guru SMA Negeri 3 Metro
Serta rekan-rekan yang berbahagia

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan karunia-Nya sehingga  kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat. Salawat serta salam marilah kita sanjungkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, semoga kita bisa menjadi umatnya hingga akhir zaman nanti.

Disini saya akan menyampaikan pidato yang bertopik perusakan hutan, saya menyampaikan pidato ini bertujuan untuk mengingatkan  seberapa pentingnya hutan bagi kelestarian alam kita.

Hutan adalah tempat hidup dan bernaungnya berbagai macam hewan dan tumbuhan laangka. Kelangsungan hidup tumbuhan dan hewan-hewan langka tersebut tergantung pada kelestarian alam yang harus tetap terjaga. Hutan merupakan tempat penyerapan air hujan sehingga tidak terjadi  banjir dan longsor di daerah perbukitan pada waktu musim hujan, selain itu hutan juga merupakan penyumbang oksigen terbesar di dunia. Bagaimana kah jika tidak ada hutan? Apakah yang akan terjadi? .

Begitu pentingnya hutan bagi kelestarian alam ini. apakah yang akan terjaadi jika hutan rusaak ? Semua tumbuhan dan hewan langka akan benar-benar punah, terjadi banjir dan longsor di daerah perbukitan pada musim hujan, dan produktivitas oksigen akan menipis. Bayangkan jika semua itu terjadi, maka keseimbangan alam akan terganggu. Disamping kekhawatiraan itu, pembalakan liar malah terus dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka membabat habis hutan demi kepentingannya sendiri, seperti untuk membangun rumah, mendapatkan kayu untuk dijual, dan membuka lahan pertanian di areal hutan. Mereka melakukan semua itu tanpa berpikir akibat apa yang akan terjadi bila kegiatan itu terus dilakukan. Meski telah ditentang oleh berbagai pihak, akan tetapi kegiatan itu masih terus mereka lakukan.

Perusakan hutan tidak boleh kita biarkan begitu saja, kita semua harus berusaha untuk menyelamatkan hutan dan melindungi hutan kita. Beberapa cara telah dilakukan oleh pemerintah dan pihak lainnya untuk melindungi hutan kita, seperti membuat UU tentang pembalakan liar, hukum pidana tentang pembalakan liar, melakukan system tebang pilih, melakukan program reboisasi  dan program penanaman seribu pohon, dan masih banyak cara lainnya. untu itu kita juga harus berusaha menjaga dan melindungi kelestarian hutan dan alam kita dengan mendukung program reboisasi, penanaman seribu pohon, tidak menebang pohon sembarangan, serta masih banyak cara lainnya.

Pembalakan liar sangat merugikan berbagai pihak, serta mengancam kelestarian alam. Untuk itu ayo lindungi hutan kita, rawat hutan kita, dan hijaukan kembali hutan kita, agar Kita dapat melihat alam tersenyum kembali.

Sekian pidato dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment

Badminton Atlet

Loading...

Music

Loading...