Wednesday, March 16, 2011

Karya Seni 3 Dimensi (BONEKA KELINCI DAN CARA PEMBUATANNYA)

BONEKA KELINCI


Boneka merupakan salah satu benda kerajinan tangan yang termasuk kedalam karya seni rupa 3 dimensi. Dalam pembuatan boneka ini  terbilang angat rumit, butuk kreativitas, ketelitian, dan sabar. Boneka merupakan sebuah benda yang unik dan banyak disukai oleh anak-anak bahkan sampai orang dewasa.
Boneka tersedia dalam berbagai macam jenis dan bentuk seperti boneka yang meniru bentuk- bentuk binatang  contonya, boneka beruang, boneka buaya, boneka lumba-lumba. Ada juga boneka yang bentuknya meniru bentuk-bentuk tokoh kartun, contonya boneka doraemon, boneka dora, ataupun boneka spongebob.
Setiap jenis dan motif boneka memiliki cirri khas masing-masing, sesuai dengan apa yang ditiru boneka tersebut, seperti warna, dan bentuknya.
Cara membuat boneka kelinci :
1.      Sediakan Bahan-bahannya seperti pola, jarum kain flanel, kapas/dakron dan benang sulam (Dimodel saya pakai benang wol dan jarum besar biar kelihatan ceritanya)
2.      Cetak pola ke kain flanel (plissss pakai kapur jahit atau pakai pinsil warna yang mendekati warna kain yah, jangan ikutin seperti foto bisa-bisa karya kita jadi kotor)
3.      Gunting  pola
4.      lalu jahit/sulam aplikasi seperti mata, mulut dll
5.      Satu kan bagian depan dan belakang dengan menggunakan tusuk feston
6.      Sisa kan sedikit kira-kira 3 cm untuk memasukan bahan isi seperti kapas/dakron/kapuk
7.      Lalu teruskan kembali jahitan (tusuk feston) hingga semua sisi terjahit semua
8.      Pasang aplikasi lainya seperti hidung, ekor atau tali penggantung.
9.      Boneka kelinci telah jadi.
Tambahan:
1.       jika kita memiliki pola dengan beberapa warna misalnya kelincinya ingin memakai "baju" berbahan flanel warna biru atau matanya menggunakan bahan flanel putih, ditempelkannya saat tahap no.4
2.       Boneka bisa saja terdiri dari beberapa bagian misalnya bagian kepala, badan dan kaki ingin terpisah, buat bagian-bagian tersebut hingga selesai dahulu lalu baru gabungkan dengan dijahit.


2 comments:

Badminton Atlet

Loading...

Music

Loading...